Rusa Ujung Kulon Terserang Cacingan

Posted: August 29, 2007 in berita seputarku

SERANG, (FB).-

rusa.jpg Tim Observasi Dinas Pertanian danPeternakan (Distanak )Banten menemukan beberapa rusa yang tidak terawat dan terurus di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Hewan tersebut terlihat kurus, dan perutnya buncit.

Ketua Tim Observasi yang juga Kepala Seksi Kesehatan Distanak Banten, Asep Mulya, Kemarin menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, hewan- hewan tersebut menunjukan penyakit cacingan, ” Kami melakukan pemeriksaan terhadap beberapa rusa, dan semuanya terjangkit penyakit cacingan, “ujarnya.

Dia menduga rusa itu terjangkit penyakit cacingan karena kurangnya perawatan, dan hewan tersebut mengkonsumsi makanan seadanya. “sebaiknya rusa- rusa tersebut segera untuk ditangani. ” katanya.

Menurut Asep, untuk menangani hewan tersebut,pada tahap awal, Distanak Banten akan memberikan obat cacing. ” Bantuan obat iniakan disalurkan melalui kantorTNUK yang ada di Labuan.

Selain itu, menurut Asep, tim juga menemukan beberapa hewan liarlainnya yang ada dikawasan TNUK tersebut seperti. babi hutan, ular, tupai, monyet, burung merak. biyawak, macan, jejak badak bercula satu dll. ” Namun hewan- hewan tersebut terlihat sehat, “ujarnya.

Dikatakan, selain memeriksa hewan yang diduga sakit, tim juga melakukan beberapa kegiatan lainnya, seperti penelitian secara reproduksi, cara makn, dan perilaku beberapa hewan.

Observasi ini dilakukan selama 3 hari. Hasilnya, menurut Asep, akan dilaporkankepada Kepala Distanak Bante.***

sumber Fajar Banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s