Sate Bandeng

Posted: August 13, 2007 in asal tahu

 

_satebandeng06.jpg Sate Bandeng Makanan Khas Serang.Bila kita ingin mencoba masakan jenis ini Kita harus menuju kawasan kota Serang terletak di diujung barat dari propinsi Banten, sekitar 80 kilometer dari Jakarta atau hanya membutuhkan waktu antara 60 sampai 90 menit dari ibukota. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan jalan tol Jakarta – Merak, Jalan Kereta Api Jakarta – Merak, Kapal Laut Jakarta – Merak atau Lampung – Merak. Anda juga bisa lewat jalan Raya bukan tol.


Jika Anda ingin ber-weekend di Serang sambil menikmati masakan khasnya, maka Anda dijamin tidak akan kerepotan sebab di sana sudah tersedia berbagai fasilitas hotel, mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang lima, rumah makan, restauran dan fasilitas rekreasi seperti pantai yang nyaman, alam pegunungan yang alami dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ditambah lagi dengan tersedianya jajanan pasar yang banyak di sekitar pusat-pusat keamaian dan perbelanjaan “Royal” Serang. Jajanan pasar yang biasanya merebak pada bulan puasa, selalu ditandai dengan munculnya bermunculnya jajanan terkenal berupa Ketan Bintul, Jejorong, Cecuwer, Emping Ceplis, dan lain sebagainya. Sementara itu di kalangan masyarakat luas di kenal pula makanan tradisional seperti kue ongol-ongol, kue talam, kue Jendral Mabok, bubur Lolos, bubur Puser, Kolek Radio Selain itu juga terdapat makanan khas lainnya seperti rabeg Wedus, Sambel Burog/sambel kulit Geritul Dan untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli buah-buahan segar diantaranya sawo yang banyak jumlahnya.

Selain itu ada makanan khas Serang, Sate Bandeng. _satebandeng-juga.jpg
Sate Bandeng yang amat popular itu dibuat di rumah-rumah pengrajin di kota Serang. Sate Bandeng memiliki kelebihan di banding sajian ikan yang lainnya, yang akan mengundang pembeli untuk selalu mendapatkannya jika sedang berkunjung ke serang. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

Banten adalah propinsi yang paling muda di Pulau Jawa. Sebelumnya, Banten merupakan bagian dari propinsi Jawa Barat. Serang, ibukota Banten, yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Jakarta, terdapat deretan kios-kios yang menjajakan sate bandeng.

Meskipun disebut sate, namun sate bandeng berbeda dengan sate biasa. Disebut sate karena ikan bandeng yang telah diolah dijepit dengan bambu, dan dibakar sehingga mirip sate.Anda akan merasa memiliki jika mengetahui lingkungan sekitar anda..

Ikan bandeng memang mudah ditemui di Serang, Banten. Seperti di Pasar Rau Serang ini. Ikan bandeng segar berukuran besar yang menjadi bahan pembuatan sate bandeng didatangkan dari Desa Kemayungan dan Sawah Luhur, Kecamatan Pontang, Serang. Ikan bandeng yang diolah menjadi sate, biasanya memiliki ukuran tiga ekor per kilogram.

Salah seorang pembuat sate bandeng mengakui telah menekuni usaha pembuatan sate bandeng sejak 20 tahun lalu, di dapur rumahnya, dengan dibantu enam orang karyawan.

Pembuatan sate bandeng menghabiskan waktu hampir setengah hari. Daging bandeng yang telah diolah, kemudian dimasukkan kedalam kulit ikan bandeng, lalu dijepit dengan bambu. Kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Ikan bandeng yang telah berbentuk sate lalu dibakar. Aromanya menyerupai otak-otak. Setiap hari Ibu Yus menghasilkan sekitar 300 tusuk sate bandeng yang dipasarkan ke berbagai tempat, tidak saja di Kota Serang tetapi juga ke Tangerang dan Cilegon.

Di Serang terdapat rumah makan yang menjadikan sate bandeng sebagai menu utama. Seperti rumah makan yang terletak di jl ahmad yani ini. harga per tusuknya 13 ribu rupiah. Para pembeli sate bandeng kebanyakan berasal dari luar kota

Selain dimakan ditempat, sata bandeng juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banten. Sate bandeng dapat bertahan selama tiga hari, namun jika disimpan di dalam lemari es, bisa bertahan hingga seminggu.

Comments
  1. infogue says:

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di ww.infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

  2. ah muharam says:

    kayaknya pernah baca juga di media mana gitu… familiar banget tulisannya..

  3. melia setyarini says:

    boleh nih buat oleh – oleh , siapa ya yang mau kacih hik hik ……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s