Tips Biar Dapat SIM Gunung

Posted: August 7, 2007 in asal tahu

trtrthumbnail.jpgKebayakan dari kita mendapat hambatan sebelum memulai pendakian…. diantaranya masalah Sim dari orang tua yang notabennya sebagai manusia yang telah melahirkan dan merawat kita sampai saat ini…untuk persyaratan mendapatkan sim ini kita harus pandai membaca situasi dan kondisi yang sedang update..

1. Dekati Orang tua seolah – olah dia teman kita( tapi jangan melupakan bahwa kita adalah anaknya)mulailah dengan kata-kata yang sopan dan bisa dimengerti oleh Beliau, sambil bawa foto2 kita selama di gunung dan ceritakan nikmatnya
mendaki,… untuk pertama itu saja. Berlanjut ceritakan juga tentang safety, keterangan kita menndaki, tmn2 perjalan kita, dll (yg baek2 tentang gunung/alam)

2. Jangan memasang muka musamdan lelah saat kita pulang dari
gunung, tetaplah tersenyum dan ceria di depan orangtua (biarpun muka kita
kotor dan lelah tapi klo kita pasang senyum pasti terlihat lebih cakep lho…( ^_^, masa
udah kotor,hitam, kusam, terus pasang muka suram lagi, pasti orangtua juga takut
melihatnya, mugkin itu juga yg buat orangtua riskan untuk memberi SIM (surat izin Mendaki) untuk orang yang disayangi

3. Buat yg masih kuliah, nilai harus tetap di pertahankan. Jangan sampai nilai kta hancur karena sering mendaki gunung…yang imbasnya banyak mata kuliah yang tidak lulus dan membuat kita mendaoatkan gelar” mahasiswa abadi” namun jadikan kegiatan ini membuat kita lebih semangat lagi..

· Problem : orang tua belum punya cukup informasi tentang kegiatan naik gunung sehingga mempunyai kekhawatiran yang berlebih

Tipsnya : kamu harus sering memberi pengertian kepada Mereka
tentang kegiatan naik gunung… berikan brosur-brosur atau artikel-artikel yang bercerita tentang bagaimana naik gunung itu…terutama dampak positifnya.. .
kalo perlu ajak mereka untuk sesekali hiking ringan bersama.

· Problem: Mereka belum percaya sama kamu maupun organisasi atau orang-orang yang akan melakukan kegiatan tersebut bersama kamu.

Tipsnya : Mulai berubah… jadilah pribadi yang mandiri dan pelajari ilmu atau keterampilan- keterampilan yang dapat menunjukkan bahwa kamu mampu menjaga diri kamu sendiri…ceritakan tentang organisasi atau orang-orang yang akan melakukan kegiatan bersama kamu…

· Problem : Mereka sayang banget sama kamu, sampai tidak memberi SIM

Tipsnya :Intinya semuanya itu adalah pengertian dan kepercayaan orangtua…kita harus benar2 memberi pengertian dan menjaga kepercayaaan yang diberikan dengan tidak melakukan hal yang bisa membuat tidak mendapatkan SIM.

COBALAH UNTUK MENJADI MANUSIA YANG BIJAKSANA


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s