Pantai Karang Bolong

Posted: August 16, 2007 in wisata

karang-bolong.jpgPantai karang Bolong anyer… mungkin sejenak kita akan membayangkan bagaimana bentuk fisik dari pantai yang diberinama karang bolong..Setelah berada di dalam pantai ini pengunjung akan mengetahui dengan sendirinya mengapa pantai ini dinamakan demikian..
Pantai ini merupakan kawasan rekreasi pantai dimana terdapat sebuah karang besar yang tengahnya berlubang secara alamiah dengan membentuk lengkungan. salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menghadap ke laut lepas,. Kemungkinan besar Karang Bolong ini terjadi karena akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Di bagian puncaknya terdapat kupel peninjauan dan hutan ini sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Karang Bolong yang terlertak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta,  sekitar 11 km kearah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan Di Pantai ini terdapat batu karang yang sangat besar yang berdiri membentuk lengkungan. Salah satu ujung karangnya berada di pantai sedangkan yang lainnya menjorok ke laut.

Pantai Karang Bolong, Letaknya yang di pinggir jalan memudahkan para pengunjung karang-bolong1.jpg menemukan pantai ini. Sebelum masuk pengunjung membeli tiket terlebih dahulu.untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraanya didalam areal karang bolong.

Bila sedang ramai, kendaraan pengunjung diharuskan parkir di luar areal kawasan yang telah disediakan oleh pengelola. Pasir di Pantai Karang Bolong masih relatif bersih dan putih. para pengunujung biasanya tidak kuasa untuk tidak menyusuri pantainya, sambil sesekali merendamkan kaki di air lautnya yang dingin.

Ikon kebanggaan pantai ini tentunya batu karang yang sangat besar yang di tengah-tengahnya bolong karena terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Oleh pengelola pantai ini, beberapa bagian karang diberi anak tangga agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian di atas karang itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut.

pemandangan laut dari atas karang memukau dan sangat menawan. Kedamaian akan sekali terasa ketika berada di atas karang. Belum lagi sepoi-sepoi angin laut yang tak henti menerpa wajah dan rambut sangat menghadirkan kesejukan.
para pengunjung dapat leluasa dengan segi keamanan yang diterapkan oleh pengelola pantai ini. untuk pengunjung yang ingin bermalam pun tidak usah khawatir, karena sudah tersedia penginapan. Banyak penduduk yang menawarkan berbagai jenis makanan. jadi pengunjung tidak perlu ketakutan denagn masalah makanan..
selamat menikmati pantai ini..

About these ads
Comments
  1. arie says:

    Dear Mas Arie,
    Nama kita hampir sama ya.. ( Saya ARIE ANUGRAH )
    saya pengen tau lebih jauh tentang pantai karang bolong dan taman ujung kulon
    Moga2 Mas Arie bisa bantu saya ya…
    Pls YM or email kalo ada info ke saya di : borie_qnoy@yahoo.co.id

  2. seven says:

    mas…tlong info penginapan yg murah yah,,,yg muat untuk 35 org.hehe…
    kmarnya 3 ja…cm tuk seru2an doang ko…
    kami mw ngadain acra semalem getoo…d karang bolong.
    plisss infonya ya mas…secepatnya,,,
    081316887090

  3. HAFID says:

    Berapa bayar masuk ke sana?
    Bisa gratisan,nggak?

  4. Sutan says:

    Hai mas arie, saya Sutan dari Anyer. Saya baru buat page Karang Bolong Indonesia di face book, saya tertarik sekali dengan artikel mas. Kalau bisa artikel ini di post ke profile Karang Bolong, sebagai tanda terima kasih saya akan merekomendasikan blog mas di profile tersebut. Terima kasih!

  5. santoso says:

    aku hanya ingin tau brapa harga tiket masuk

  6. Harun says:

    Mas, boleh tau ga? harga tiket masuk karang bolong + parkiran brp ya? tq

  7. argakyo says:

    wah… gw sendiri yg rumanya deket anyer jarang banget main kesitu…

  8. a says:

    ass wr.wb dan salam sejahtera untuk penulis dan pembaca blog ini.
    saya ingin berterimaksaih kepada mas arie selaku penulis blog, saya adlah seorang siswa yang tengah menulis tentang pencemaran di pantai karang bolong. tulisan mas sangat menggugah dan membuat saya menggangkat soal pantai karang bolong. terimakasih banyak. sapun tidak lupa mencamtumkan nama anda dalam daftar pustaka tulisan saya. sekali lagi saya menulis ini agar tidak di bilang plagiat karna saya tidak meniru blog anda tapi blog anda memberi saya inspirasi. sekali lagi terimaksih semoga tuhan memberkati anda. wass wr wb. mohon maaaf sebelumnya

  9. heru says:

    karang bolong bagus bgt

  10. Justkid says:

    kemaren abis ke petanahan… tapi lupa g mampir karang bolong…
    cos tuan rumahnya telat ngasih tau.. ddah mo pulang baru di kasih talau dekat ma karang bolong… HUFT visit htttp://www.mbiru.com

  11. usman says:

    Lam kenal kang ari…KARANG BOLONG…nama sama cuma beda tempat

  12. Maya says:

    Saya belum pernah kepantai karang bolong saya ingin bgt kesana tp waktunya mepet trs

  13. idho says:

    sekarang masuk ke pantay karang bolong se;bus 60 berapa duit yaa”???
    mau tau nih”’???

  14. rivafauziah says:

    karang Bolong.. ih namanya aneh ya?

  15. Arie Aphe Ruwetd says:

    terimakasih sebelumnya saya ucapkan kepada pengunjung yang telah memberikan komentar dan jangan sungkan untuk memberikan kritik yg sifatnya dapat membangun blog ini menjadi lebi baik,..
    Insya Allah saya akan memperhatikan apa yang menjadi komentar anda,..
    thanks all

  16. caliem says:

    duh kangen banget ni ma karang mbolong……………….kapan yea bisa pulang…………………….??????????????

  17. dhanie says:

    mas… ada gak wahana rekreasi airnya,kya banana boot atau diving/menyelam untuk menikmati pesona alam bawah lautnya.. terima kasih :)

  18. dhanie says:

    mas… ada gak wahana rekreasi airnya,kya banana boot atau diving/menyelam untuk menikmati pesona alam bawah lautnya.. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s