Golok Ciomas

Posted: August 4, 2007 in asal tahu

Golok Ciomas merupakan salah satu dengan senjata khas dari Banten, khususnya di daerah Ciomas. Golok ini sangat terkenal karena ketajamannya dan mistis yang terkandung didalamnya. Pada jaman penjajahan para jawara menggunakan golok ini untuk mengusir dari daerahnya. Golok ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang, karena dalam pembuatannya tidak sembarangan.

Golok ciomas hanya dibuat pada bulan Mulud, yaitu bulan kel;ahiran Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul Allah. Pembuatan golok ini tidak seperti pembuatan golok biasa harus melewati tahapan ritual dan penempaan besi oleh godam yang diberi nama Si Denok.

Palu besar ini dinyakini sebagai warisan dari Ki Cengkuk, lelehur yang pertama kali membuat golok ciomas pada jaman kerajaan Islam Banten. Si Denok merupakan hadiah dari Sultan Banten kepada Ki Cengkuk yang telah berhasil menyembuhkan penyakit anak Sultan yang menagis sepanjang hari.

Godam Si Denok kini berada di Ki Jamsari (85), petani di Kampung Hallo, desa Lebak kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang. Sedangkan ritual pembuatan golok diwariskan kepada Ki Muhaimin, Pimpinam Pondok Pesantren Sanaabilil Huda, Ciomas. Keduanya adalah Keturunan Ki Cengkuk.

“Tak sembarangan orang kuat menanggung ritual pembuatan golok ini,tidak bisa juga setiap orang kuat diinapai oleh godam Si Denok,” kata Ki Muhaimin.

Golok Ciomas terkenal karena keseimbangan bentuk,ketajaman dan kehalusan penenpaan dan tanpa hiasan huruf – huruf arab yang biasanya mewarnai senjata tajam keramat, Di luar bentuk fisiknya, Golok Ciomas terkenal dengan kekuatan mistis dan racun yang terkandung dalam besi inti. Dalam prosesnya, besi inti ini dicampur dengan besi biasa yang mudah bisa kita dapatkan dipasaran.

Golok ini tidak boleh digunakan keperluan sehari – hariseperti memotong dan menebang tanaman, memotong hewan atau keperluan dapur. Sebab di yakini, racun dalam golok akan menyebar dan akan menyebabkan kematian. Bahkan kekuatan mistisnya diyakini dapat mengsengsarakan keluarga yang menyalahgunakan golok ini.ciomas-2.gif

Pertunjukan debus di Banten seperti atraksi memotong lidah, tangan, kaki atau membacok anggota tubuhnya banyak yang menggunakan golok ini sebagai tolok ukur.jika golok jenis ini tidak mempan di tubuh orang maka hampir bisa dipastikan kekebalan serupa akan terjadi seandainya dihantam dengan golok lain.

Jenis golok Ciomas

Dari bentuk fisik dan batang golok, ada 4 jenis utama golok Ciomas, yaitu Candung, Mamancangan, Kembang Kacang, Salam Nunggal, dan Malapah Gedang.

Ki Muhaimin mengatakan, syarat utama pembuatan golok ini adalah:

  1. pembuatan harus Tgl 1 – 12 Mulud atau Rabiul Awal Hijriah, tahun Islam.
  2. Harus di tempa/ diulas oleh Godam Si Denok

Dia menambahkan ditempa atau diulas sangat tergantung mahar (pembayaran)si pembuat golok kepada pewaris Si Denok. Pengaruh mistis terhadap golok ditempa dengan diulasjuga berbeda, lebih kuat yang ditempa dibaningkan dengan diulas.

Syarat utama adalah besi inti yang diperoleh dari bahan yang terbenam di Ciomas dan Pondok Kahuru dan Air Babakan Ciomas.

Besi inti diperoleh melaui ritual puasa, wiridan dan tawasulan sebelum Bulan Mulud. Petunjuk adanya besi inti ini di suatu daerahdiwujudkan dalambentuk cahaya atau impian tertentu, setelah besi inti diperoleh, besi itu di campur dengan besi biasa dan dibentuk oleh GodamSi Denok di Pande besi sejak tgl 1 Mulud.

Tanggal 11 malam, menjelang 12 Mulud, godam Si Denok dibawa ke Pande.

Ki muhaimin mengadakan ritual, palinhg sedikit ritual ini di adakan oleh 3 orang,satu diantanya keturunan K I Cengkuk. Tgl 12 Mulud , Si Denok digunakan untuk menempa golok Ciomas.

“ Angka 12 itu berarti syarat yang harus dimiliki pepegang golok Ciomas. Yaitu 6 syarat fisik seperti Bersuci, Sholat, Zakat, Puasa Berhaji dan Fi sabilillah. Dan, syarat bathin Tawakal, Tafwidz (hati hati), taubat, Khauf (takutpada Allah, Ridho dan Ikhlas serta Zuhud (rendah hati),” Kata Ki Muhaimin.

Terakhir, menyimpan golok dalam bumbungan yang berisi ramuan selama 40 hari yang isi ramuanya dirahasiakan, karena mengandung racun yang mematikan.

Bid’ah

Dalam kekinian, Pewaris Ki Cengkuk melakukan hal baru (bid’ah), mensertifikasi golok diulas atau golok ditempa Si Denok.Maharntya jika satu genjreng, (tempaan) satu ringgit, kini diganti nilainya Rp 50.000 per tempaan, jika diukas, hanya seperempat harga satu tempaan. Langkah ini digunakan untuk mempertahankan tradisi pembuatan golok, dan untuk menghindari dari sifat komersil, istilah tariff diganti dengan mahar.***

About these ads
Comments
  1. org bantten asli says:

    bukan kaya gituh goloknya… siwelang sama siapa yg megang… mah bewos

  2. eazy says:

    ADA YG MAU JUAL GA,,,,TP YG ASLI YA,,,,,

  3. suntama says:

    Reang iki anake wong brugbug ciomas lahir ning lampung, kepengin duwe golok ciomas asli, pesene karo sapa ning endi alamatte?

  4. agus santani says:

    assallamualaikum…..saya agus tinggal di karawang,saya pengen sekali memiliki warisan budaya lelehur saya,khususnya budaya sunda…dan salah satunya adalah golok ci omas….alasan saya kenapa memilih golok,karena golok senjata/alat yang lekat sekali dengan budaya kehidupan orang sunda sehari-hari…sebagai warga karawang kiranya ijinkan saya ikut melestarikan budaya leluhur saya…dan cara untuk bisa mewarisinya mohon bimbingannya….wassallam…

  5. Sulhi says:

    bang, artikelnya bagus nih. kapan main ke ciomas?

  6. bima says:

    udah punya bang dirumah satu dapet langsung dari jawara ciomas

  7. Mohamad Goh says:

    Assalamualaikum wrb.Saya Mohamad Goh Berasal dari Singapur.Saya amat berminat dgn Golok Ciomas ini.Bisa kah d expot ke Singapur sekiranya saya mau membeli?

  8. aziz says:

    bang, teruskan ceritanya,aku ingin tau kelanjutannya..

  9. Awaludin Jawwas says:

    bang kalo ki acang yg di cimannyangrai itu bagaimana sejarahnya saya pernah bertemu beliau tahun 2000 an dan ki bonteng yang di padarincang itu bagaimana sejarahn ya dan ki denci di badui itu bagaimana

  10. Arie Aphe Ruwetd says:

    thanks gan,..
    untuk memiliki golok ciomas asli, kita dapat menghubungi kepada pengrajin / pembuat golok tersebut yang bertempat tinggal di daerah itu sendiri

  11. ki pentil says:

    golok ciomas ga sembarang orang yang memakainya,hanya orang yang kaya ki bonteng yang bisa memakainya.sekian dari saya.wassalam

  12. ary says:

    bang gw punya golok ciomas ada sekelilingya dipenuhi raajah dan ada gambar harimaunya ada yg minta g bang

  13. dhimas19 says:

    Krna sy asli orang ciomas,jd dah pnya tuh,pningglan dri kakek buyut?

  14. asgun09 says:

    mu ikut nanya gan gimana caranya ngebedain jenis golok ciomas tersebut diatas. apa ciri ciri nya..trims

  15. ayuiu says:

    baca ceritanya jg pengen lihat langsung pembuatannya..

  16. Saya Punya Golok Ciomas peninggalan Kekek saya, dan Kakek saya juga mendapatkan golok itu dari Orang tua nya. Golok itu di Balut kain Berwarna merah dan menebarkan bau harum minya Misik/japaron. tapi sayang nya, golok itu sudah beberapa kali membunuh penjajah belanda dan warna di badan golok menjadi KecokLatan seperti Karat. Sebelum saya mengenal silsilah golok itu, saya pertama kali memegang golok itu tanpa Sepengetahuan orang tua saya, ada kejadian aneh saat itu, tangan saya seperti di Gerayangi Ratusan SEMUT hingga kebadan saya. sampai sekarang, saya tidak mau memegang golok itu, dan masih tersimpan di lemari tua, tanpa perawatan.

    • Arie Aphe Ruwetd says:

      thanks gan sudah share sedikit tentang golok ciomas,. smoga bisa menambah wawasan tentang golok ciomas

  17. Aldi says:

    Yang ane tau golok ciomas asli satu bilah golok di bagi 3 bagian :
    ujung
    tengah
    pangkal

    satu potongan ada di wilayah ciomas rangkas, ke dua di ciomas labuan ( pandeglang ), ke tiga di ciomas padarincang (serang)
    karena itulah di banten ada 3 tempat dengan nama yang sama :)

    khasiat golok ini yg asli:
    1.bila di bacokin ke air,air nya terbelah bak layak nya membelah semangka
    2.bila dibacokin ke pohon pepaya,getah nya gk keluar ( apa lagi dibacokin ke orang yah ) :D
    3.bila di bacokin ke orang yg punya ilmu kebal,gk nembus,tapi 3 hari kemudian si orang itu membusuk
    4.pembawa wibawa dan keberanian full tanpa segan menghadapi musuh

    dan satu lagi golok ciomas asli yang pertama gk pake serangka,alias telanjang :D
    cuma di bungkus kain kafan dan wewangian

    wallahu bisawab !!!!!

    • Arie Aphe Ruwetd says:

      thanks gan info’a,… semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan khusus’a buat saya dan umum’a buat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang golok ciomas

  18. Heru says:

    huftt,,
    ada yg minat datang ke serang, Hub saya..Ada 1 Sodara saya mau memaharkan 1 Golok Ciomas,bisa di test klo ada yg merasa punya Ilmu kebal. klo berani.

  19. ofa says:

    lain golokna anu ku aing keur di teangan, tapi aing mah neangan geh anu bisaeun ngasah golok aing. masalahna ges 25 tahun teu di asah. wangsit na masih seukeut

  20. Daeng Mamase says:

    Assalamu’alaikum saudaraku, perkenalkan nama saya Daeng Mamase, asal Makassar. pada tahun1987 silam Kakek saya mengalami peristiwa aneh, beliau bermimpi diberikan Pedang oleh seorang Kiyai yang sangat tampan, dan anehnya setelah kakek saya bangun ternyata pedang itu benar-benar ada. dan setelah mengamati bentuknya, saya yakin bahwa Pedang itu adalah pedang Ciomas yang berjenis Salam Nunggal. Pedangnya sangat cantik dan dipenuhi Rajah-Rajah Arab, ada gambar Masjid , Harimau, Pedang, Keris, Sultan dan tulisan Ciomas serta tahun pembuatan di besinya.

  21. Arie Aphe Ruwetd says:

    sungguh berjodoh dengan golok tersebut

  22. bagi yang minat, Golok Ciomas! saya mau memaharkan 1 buah, dr 2 buah koleksi pribadi saya.
    yang minat call / sms : 081315687038
    di jamin Asli.
    No Abal2.

  23. agusrahman says:

    Gan ada yg tau alamat pembuatan golok ciomas ga??
    ane berminat nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s